93view

Alasan Lahat tidak membuka Lamaran CPNS


  • 1. Lahat Tidak Membuka Lamaran CPNS

    Lahat Tidak Membuka Lamaran CPNS

    LAHAT, Online Kite -  Harapan warga di Kabupaten Lahat,  untuk dapat mengikuti tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan berharap jika nantinya lulus bisa bekerja di Lingkungan Pemkab Lahat pupuslah sudah.  Pasalnya,  Pemkab Lahat,  sendiri sama sekali tidak mengajukan formasi CPNS tahun 2018 ini. Kondisi ini cukup disayangkan apalagi,  mayoritas semua daerah di Indonesia berlomba lomba mengajukan formasi CPNS sehingga warganya bisa diangkat menjadi PNS. 

    Hal tersebut seperti diungkapkan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKSDM) Pemkab Lahat,  Rachmat Surya Efendi. Diakui Rachmat kendati secara nasional ada pembukaan CPNS tapi tidak untuk Kabupaten Lahat.  Menurutnya,  Pemkab Lahat sama sekali tidak mengajukan formasi CPNS.  Untuk itu bagi warga di Kabupaten Lahat yang ikut tes CPNS lain silakan ikut ke daerah lain. "Ya bagi warga Lahat yang ingin ikut tes silakan cari ke daerah lain.  Lahat tidak ajukan formasi, "tegas Rachmat,  Kami (12/9/2018). 

    Ketika ditanya alasan tidak adanya penyediaan formasi CPNS?  dikatakan Rachmat,  Bupati Lahat tidak berkenan lantaran jumlah pegawai di pemkab Lahat,  sudah cukup banyak sekitar sembilan ribu orang.  Jumlah tersebut,  menyedot APBD cukup besar untuk gaji pegawai. "Dengan kondisi yang ada tersebut makanya bupati Lahat tak berkenan. Untuk itu silakan cari daerah lain yang membuka formasi, "ujarnya.  

    Terpisah,  Rizky (29) warga Lahat,  kecewa dengan Pemkab Lahat,  yang sama sekali tidak menyediakan Formasi CPNS.  Menurutnya,  mungkin ada puluhan ribu warga Lahat,  yang akan ikut tes CPNS 2018 dan kemungkinan besar harapanya sama akan mengambil formasi yang disediakan Pemkab Lahat.  "Kecewalah. Yang pastikan harapan kita bisa ambil formasi di daerah sendiri. Ya kalau memang tidak ada terpaksa ke daerah atau kabupaten lain dan semoga saja banyak warga Lahat diterima di daerah lain sehingga tidak memberatkan Kabupaten Lahat,"sesal Rizky.  

    Kekecewaan yang sama juga dilontarkan Wakil Ketua Forum Honor Daerah (Honda)  Kabupaten Lahat,  Dody.  Menurutnya, tak sedikit warga Lahat yang sudah mengabdikan diri untuk Pemkab Lahat,  seperti menjadi tenaga honorer baik di sekolah,  dinas maupun instansi terkait lainya.  Artinya,  tambah Dody jangankan untuk memperjuangkan Honda maupun honorer katagori 2 diangkat PNS membuka kesempatan secara umunpun tidak.   "Kasihanila seperti yang sudah honor 10 tahun.  Meski belum tentu lukus setidaknya ada kesempatan. Apalagi,  umur untuk ikut PNS dibatasi 35 tahun.  Semestinya tetap diakomodir walau jumlahnya kecil, "harapnya. (gbr)


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook