BLT DD tak Tepat Sasaran, Lima Desa di Empat Lawang Diperiksa Inspektorat

By Ariel 06 Jun 2020, 08:00:34 WIB Empat Lawang
BLT DD tak Tepat Sasaran, Lima Desa di Empat Lawang Diperiksa Inspektorat

Keterangan Gambar : Irban Investigasi Inspektorat Empat Lawang, Yunidi Nuzli saat memeriksa salah satu warga desa yang ada di Kecamatan Pendopo


EMPAT LAWANG, onlinekite.id  – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang dalam hal ini melalui Inspektorat Empat Lawang melakukan pengawasan melalui Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) inspektorat terhadap pelaksanaan bantuan dampak Covid -19 di 5 desa di Kecamatan pendopo Induk.

Hal inilah dibenarkan langsung oleh Kepala Inspektorat Empat Lawang, Dr H Agusni Efendi MPd melalui Inspektur Pembantu (Irban) Investigasi, M Yunidi Nuzli kepada media ini, Sabtu (6/6) “Kemarin, ada aduan dari masyarakat di lima desa Kecamatan Pendopo terkait BLT Dana Desa. Dimana, dari aduan tersebut, pak Bupati Empat Lawang memerintahkan APIP Inspektorat bersama dengan tim gabungan yang terdiri dari Inspektorat dan Dinas Sosial (Dinsos) Empat Lawang turun langsung ke lapangan,”kata Yunidi.

Ia menegaskan, lima desa Kecamatan Pendopo yang diadukan oleh masyarakat terkait BLT DD diantaranya, Desa Gunung Merakso Baru, Desa Gunung Merakso Lama, Desa Bayau, Desa Mangilan, dan Desa Batu Cawang. “Kelima desa itu sudah kita periksa langsung,”ujarnya lagi.

Tak hanya itu, Yunidi menegaskan, aduan masyarakat desa tersebut terkait BLT Dana Desa terdiri dari beberapa warga yang tidak berhak menerima BLT namun masih dapat menerima bantuan tersebut. Dan sebaliknya ada warga yang menerima BLT Dana Desa namun ia tidak mendapatkan bantuan tersebut.

“Oleh karena itulah, saat kita melakukan pemeriksaan langsung ke lapangan, memang kenyataannya benar ada. Sebab itulah, bentuk dari sanksi ini kita lakukan teguran terlebih dahulu kepada Kepala Desa (Kades). Jika masih saja melanggar baru kita lakukan pemeriksaan khusus,”ungkapnya lagi.

Bahkan, lanjut Irban Investigasi Inspektorat Empat Lawang ini, tidak hanya memantau BLT Dana Desa saja, melainkan pihaknya akan memantau penyaluran PKH, BNPP, bantuan Misbar, serta BST dari peemerintah ke masyarakat.

“Karena itulah, sesuai arahan dai pak Bupati Empat Lawang, agar bantuan yang diserahkan kepada masyarakat Empat Lawang harus tepat sasaan, dan diperuntukan bagi masyarakat yang benar-benar membutuhkan,”pintanya.

Sebelumnya, Bupati Empat Lawang, H Joncik Muhammad menegaskan, agar bantuan bagi dampak Covid-19 di Empat Lawang dapat tepat sasaran sesuai dengan masyarakat yang berhak menerimanya. “Nanti ada tim yang akan mengawasi bantuan ini. Kita berharap, agar bantuan untuk dampak Covid-19 di Empat Lawang ini dapat tepat sasaran,”pugkasnya. (end)   




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment