Delapan Kabupaten Kota Gabung ke Sumsel Barat

By Ariel 15 Jul 2020, 05:15:56 WIB Empat Lawang
Delapan Kabupaten Kota Gabung ke Sumsel Barat

Keterangan Gambar : Ketua Presidium Sumsel Barat H Zazuli Kuris saat melakukan audensi dengan Bupati Empat Lawang, H Joncik Muhammad


EMPAT LAWANG,onlinekite.id  – Ketua presidium pembentukan Provinsi Sumsel Barat, Djazuli Kuris beraudiensi dengan Bupati Empat Lawang, Joncik Muhammad di kantor Bupati Empat Lawang, Selasa (14/7) siang.

Kedatangan mantan Walikota Pagaralam 2 periode itu bersama tim, tidak lain untuk membahas dan meminta dukungan Pemda Empat Lawang dalam hal pembentukan Provinsi Sumsel Barat. “Kedatangan kami hari ini merupakan daerah yang ketiga kami kunjungi. Pertama Pagaralam, Lahat dan Empat Lawang. Kedatangan kami untuk meminta dukungan pembentukan Provinsi Sumsel Barat dari Pemda Empat Lawang dan DPRD Empat Lawang,” kata Djazuli.

Dijelaskannya, program ini bukan program baru. Sebab dirinya bersama tim yang datang ini melanjutkan program sesepuh terdahulu. Maka dari itu harus ada persetujuan baik lisan dan tertulis setiap daerah sehingga program ini berjalan lancar.

Rencananya, lanjut Djazuli ada 8 kabupaten dan kota yang akan masuk di dalam Provinsi Sumsel Barat tersebut. Yakni Kota Pagaralam, Kota Lubuklinggau, Kabupaten Empat Lawang, Lahat, Musi Rawas, Muratara, Muara Enim dan Pali. “Alhamdulilah sudah 5 daerah yang mendukung, termasuk Kabupaten Empat Lawang. Selanjutnya kami akan terus berkoordinasi dengan daerah lain, semoga bisa berjalan lancar,” imbuhnya.

Mengenai ibukota nanti, Djazuli meminta jangan dulu dibahas dimana letaknya karena butuh proses yang panjang. Namun cikal bakal ibukota nanti daerah yang memiliki bandara.

Bupati Empat Lawang, Joncik Muhammad menyambut baik dan mendukung penuh program pembentukan Sumsel Barat ini. “Kami mendukung pembentukan ini, nanti akan kami paripurnakan bersama DPRD,” kata Joncik.

Dijelaskannya, momen pembentukan daerah otonomi baru (DOB) Sumsel Barat ini juga menunggu DOB di Papua. Jika di Papua disahkan, maka moratorium pembentukan DOB sudah dicabut. “Maka dari itu presidium bersama tim dari sekarang melengkapi berkas adminitrasi dan dukungan dari kabupaten dan kota. Semoga bisa berjalan dengan lancar,” tukasnya.(put)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment