Dinas Sosial Kabupaten Lahat Lakukan Trauma Healing di Lokasi Bencana Banjir

By Ariel 16 Jan 2020, 21:49:41 WIB Lahat
Dinas Sosial Kabupaten Lahat Lakukan Trauma Healing di Lokasi Bencana Banjir

Keterangan Gambar : Penyuluh sosial muda Dinas Sosial Kabupaten Lahat, Saifudin SE saat memberikan trauma healing kepada anak anak korban bencana banjir di Kabupaten Lahat


Oleh:Saifudin SE

Penyuluh Sosial Muda, Dinas Sosial Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan

KIKIM TIMUR, KABUPATEN LAHAT (13-15 JANUARI 2020) - Upaya penanganan korban banjir Kabupaten Lahat dilakukan oleh berbagai instansi terkait. Seperti Dinas Sosial, BPBD, TNI, Polri, lembaga-lembaga sosial, masyarakat, dan relawan melakukan evakuasi dan pertolongan kepada warga yang berdampak banjir.

Dinas Sosial Kabupaten Lahat menugaskan Penyuluh Sosial untuk melakukan Trauma Healing guna membantu anak-anak korban bencana banjir supaya (mereka) kembali pulih dengan tetap semangat.

Anak-anak korban banjir mengalami trauma, mereka tidak bisa menempati rumah, belajar, buku-buku dan sarana sekolah semua terendam akibat banjir. Terjadinya bencana banjir bandang oleh meluapnya sungai kikim dan sungai muara payang, bagi anak-anak yang tidak mengerti kondisi ini akan mempengaruhi jiwa anak sehingga menimbulkan efek trauma.

Penyuluh Sosial bersama timnya  melaksanakan trauma healing di lokasi bencana banjir di Desa Gunung Kembang dan Desa  Muara Empayang Kecamatan Kikim Timur selama 3 hari berturut-turut dari tanggal 13-15 Januari 2020. Dengan membantu mereka akan menumbuhkan semangat, motivasi agar bisa beraktivitas seperti sedia kala.

Hadir dalam tim Tauma Healing, Kepala Dinas Sosial Bapak Drs. H. Iskandar, M.Si., Ibu Endang Rismawati, SH.(Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Lahat), Penyuluh Sosial, Sakti Peksos, Psikolog dan staf Dinas Sosial Kabupaten Lahat.

Lebih dari 150 anak-anak dari jenjang SD hingga SLA berkumpul  di gedung SDN 20 Desa Gunung Kembang dan Balai Desa Muara Empayang untuk mengikuti kegiatan trauma healing.

Sementara anak-anak sedang mengikuti kegiatan trauma healing, terus berdatangan bantuan dari pihak-pihak yang peduli terhadap bencana banjir sehingga suasana menjadi ramai, kegiatan trauma healing terhadap anak-anak disaksikan oleh para orang tua dan masyarakat sekitar. Nampak keceriaan anak-anak dan masyarakat yang menyaksikan anaknya gembira dan aktif mengikuti kegiatan.

Harapan kami, kegiatan semacam ini bisa ditindak lanjuti oleh pihak-pihak yang ingin membantunya, terutama pada menciptakan suasana gembira  mengajak anak-anak dan masyarakat untuk mengingat bahwa bencana banjir ini adalah musibah yang merupakan kehendak Allah SWT, oleh karena kepada keluarga korban untuk  meningkatkan ketaqwaannya dan tidak meninggalkan kewajiban beribadah selalu meminta perlindungan dan keberkahanNya.

Semoga Allah SWT memberikan jalan yang lebih baik, dan terhindar dari bencana banjir maupun bencana lainnya, sehingga esejahteraan sosial bisa dirasakan oleh masyarakat dan bisa menjalankan fungsi sosialnya seperti biasanya. Amiin.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment