Dirikan Posko COVID-19 Hingga Tingkat Desa

By Ariel 31 Mar 2020, 21:40:43 WIB Muara Enim
Dirikan Posko COVID-19 Hingga Tingkat Desa

Keterangan Gambar : Mobil Water Canon Polres Muara Enim dan Mobil Damkar melakukan penyemprotan jalan protokol Kota Muara Enim


MUARA ENIM,onlinekite.id  – Pemerintah Kabupaten Muara Enim, memastikan penanganan wabah virus Covid-19 dilakukan secara menyeluruh hingga ke wilayah pelosok desa. Plt Bupati Muara Enim H Juarsah menegaskan gugus tugas percepatan penanganan covid-19 Kabupaten Muara Enim, telah mengambil langkah-langkah pencegahan dan penanganan sesuai arahan Gubernur Sumatera Selatan dan prosedur yang ditetapkan oleh Keppres Nomor 09 Tahun 2020.

“Pemkab telah membentuk gugus tugas dan posko dari tingkat desa, kecamatan hingga kabupaten, tim posko ini akan bekerja keras penanganan covid-19 dilakukan menyeluruh,” kata Juarsah saat memimpin pelaksanakan Apel Persiapan Pelepasan Tim Gugus Tugas Corona Virus (Covid-19) serta penyemprotan disinfektan di wilayah Kota Muara Enim dihalaman Pemkab Muara Enim, Selasa (31/3).

Juarsah menegaskan, selain mendirikan posko, dibidang medis yakni RSUD Dr HM Rabain telah disiagakan, termasuk menyiapkan asrama Islamic Center sebagai ruang isolasi rumah sakit darurat dan juga Rumah Sakit Bukit Asam Medika milik PT Bukit Asam di Tanjung Enim.

Selain itu, dalam upaya penerapan social distancing aktivitas di belajar mengajar juga telah dihentikan sementara, diganti dengan belajar dari rumah. “Kemudian dilakukan pula pengaturan jam kerja pegawai, sosialisasi dan himbauan penerapan protokol atau aturan pencegahan Covid-19 yang salah satunya berdiam dirumah atau stay at home juga telah diserukan kepada masyarakat,”jelasnya.

Lanjutnya, Pemkab Muara Enim telah melakukan inspeksi pasar untuk memastikan ketersediaan dan harga kebutuhan pokok agar tetap stabil terus kita dilakukan. Pengadaan alat kesehatan penunjang dan alat pelindung diri bagi 6 rumah sakit juga telah dan sedang dipersiapkan.

Pemkab Muara Enim bersama Organisasi Islam, diantaranya Majelis Ulama Indonesia (MUI), Kementerian Agama (Kemenag), Nahdhatul Ulama (NU), Muhammadiyah dan Dewan Masjid Daerah (DMD) Kabupaten Muara Enim juga telah mengeluarkan surat himbauan bersama tentang penyelenggaraan Shalat Jumat dan shalat berjamaah di masjid dalam menyikapi kewaspadaan Covid-19 ini.

Diakhir pelaksanaan apel, Plt Bupati Muara Enim bersama Forkopimda memantau penyemprotan disinfektan yang dilakukan oleh Polres Muara Enim bersama Kodim 0404 Muara Enim, BPBD dan Satpol PP di jalan utama wilayah Kota Muara Enim. Adapun penyemprotan tersebut dilakukan dijalan-jalan protokol, tempat fasilitas publik, perkantoran diwilayah Kota Muara Enim guna memutus rantai virus Covid-19. (rif)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment