Hadiri Paripurna HUT Kabupaten Lahat, HD Salut Akan Kekayaan Alam dan Kebudayaan Kabupaten Lahat

By Ariel 21 Mei 2019, 02:35:52 WIB advitorial
Hadiri Paripurna HUT Kabupaten Lahat, HD Salut Akan Kekayaan Alam dan Kebudayaan Kabupaten Lahat

KOTA LAHAT, Online Kite - Puncak Hari jadi Kabupaten Lahat ke - 150 perayaan XXI diperingati dalam rapat istimewa DPRD Lahat yang digelar di Gedung DPRD Lahat, Senin (20/5/2019).

Dalam sidang paripurna tersebut, dibuka langsung oleh Ketua DPRD Lahat, Samarudin SH. Dan dihadiri langsung Gubernur Sumatera Selatan, H Herman Deru, Ketua TP PKK Kabupaten Lahat, Hj Febrita Lustia, Kapolda Sumsel, anggota DPR RI, H Wahyu Sanjaya, Bupati Muara Enim, H Ahmad Yani, Bupati PALI, H Amalindo, Bupati Empat Lawang, H Jonjik Muhammad, Walikota Pagaralam, serta Bupati dari Kapayang Provinsi Bengkulu dan Bupati Sarolangun Provinsi Jambi.

Dalam sambutannya, Bupati Lahat Cik Ujang SH menyampaikan HUT Kabupaten Lahat ke 150 perayaan XXI merupakan yang pertama dalam kepemimpinannya bersama dengan Wakil Bupati Lahat, H Haryanto.

Dalam sambutannya, Cik Ujang menegaskan beberapa hal dalam masalah program kerjanya, baik rencana kerja jangka panjang dan rencana kerja jangka menengah.

“Adapun program kedepan diantaranya rencana kerja jangka panjang daerah dan rencana kerja menengah daerah demi mewujudkan rakyat Kabupaten Lahat. Rencana kerja serta program lima tahun kedepan diantaranya Pengurangan angka kemiskinan, Pembangunan sumber daya manusia, Peningkatan ekonomi dan kesempatan kerja, penguatan ketahanan pangan, pengelolaan lingkungan hidup dan penanggulangan bencana, kolektifitas dan penguatan dasar, reformasi birokrasi, kehidupan beragama dan seni budaya,” jelas Ketua DPD Partai Demokrat Kabupaten Lahat ini.

Ia juga menegaskan, adapun program yang telah ia jalankan dijalankan meliputi berobat gratis yang telah dilaksanakan pada 1 januari yang lalu, penyelenggaraan bantuan operasional sekolah daerah (BOSDA), penanggulangan bencana longsor, penyediaan air bersih yang bekerjasama dengan PDAM Tirta Musi, rehabilitasi jalan trans, memberikan bantuan kepada kelompok tani, Jum’at bersih dalam rangka menunjang program lahat bersih dan sehat, santunan kematian.

"Sejak kami dilantik enam bulan yang lalu, kami langsung menggulirkan program yang langsung menyasar kepentingan masyarakat seperti pendidikan gratis dan berobat gratis. Tak hanya itu, warga yang meninggal diberikan santunan kematian. Sementara untuk pembangunan infrastruktur sektor pertanian menjadi fokus. Tak hanya itu, kini warga Lahat bisa mulai menikmati air bersih," katanya lagi.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Selatan,  H Herman Deru mengatakan, usia 150 tahun bukan usia yang muda dan itu patut di syukuri oleh warga Lahat.

Herman Deru sendiri memuji kontribusi Lahat dalam memajukan Sumatera Selatan. Bagi HD, Kabupaten Lahat bukan saja sebagai Kabupaten ‘Tua’ namun mempunya potensi baik dari kekayaan alam seperti Batubara bara, sektor pertanian dan kekayaan alam lainnya.

"Namun, Kabupaten Lahat juga mempunya SDM manusia dan etos kerja yang baik. Tak hanya itu, yang patut dibanggakan Lahat, mampu menjaga kearifan lokal. Seninya masih terjaga, budaya dan adat istiadatnya masih tertata dan bahasa daerahnya masih bangga digunakan," pungkas H Herman Deru. (ADV)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment