Hari Santri Nasional 2019, Kekankemenag Lahat Jadi Irup di Ponpes Al Fatah Lahat

By Ariel 23 Okt 2019, 15:05:22 WIB Pendidikan
Hari Santri Nasional 2019, Kekankemenag Lahat Jadi Irup di Ponpes Al Fatah Lahat

Keterangan Gambar : Mudir Ponpes Al Fatah Lahat, Drs KH Ramlan Fauzi bersama para santri serta ustad/ustadza Ponpes Al Fatah Lahat berpose dengan Kankemenag Lahat


LAHAT,onlinekite.id -Peringatan Hari Santri Nasional 2019 di Kabupaten Lahat, Kepala Kantor Kementrian Agama (Kankemenag) Lahat bersama dengan para santri melaksanakan Apel upacara Bendera diselenggarakan di Lapangan Pondok Pesantren Al Fatah Lahat.

Kegiatan apel tersebut diikuti oleh Keluarga Besar Ponpes Al Fatah Lahat serta ratusan santri dan santriwati Ponpes Al Fatah dan gabungan santri dari pihak madrasah yang ada di Kota Lahat.

Untuk semakin memaknai peringatan Hari Santri Nasional ini, para santri juga dilibatkan secara langsung sebagai petugas apel sementara sebagai pimpinan upacara di pimpin langsung oleh Kepala Kementerian Agama Kabupaten Lahat, Drs H Rusidi Djafar MM.

Kepala Kementerian Agama Kabupaten Lahat menyampaikan “Peringatan Hari Santri yang jatuh pada tanggal 22 Oktober 2019 kali ini mengangkat tema “Santri Indonesia untuk Perdamaian Dunia” ungkapnya

Ia juga menyampaikan pesan dari Menteri Agama berkaitan dengan tema perdamaian yang diangkat pada peringatan Hari Santri ke-5, tema perdamaian merupakan salah satu respons atas terpilihnya Indonesia sebagai salah satu anggota tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tahun 2019-2020.

Ia juga menyampaikan pesantren saat ini sebagai laboratorium perdamaian santri-santri dalam anggota kader juga memiliki keilmuan yang mendalam serta dibekali dengan karakter humanis, inklusif, toleran, dan moderat yang siap berperan sebagai duta-duta perdamaian.

Seiring dengan peringatan Hari Santri 2019 ini, telah dikeluarkan UU No 18 tahun 2019 tentang UU Pesantren, di mana dengan undang-undang tersebut pesantren memiliki tiga fungsi sekaligus yang mencakup fungsi pendidikan, dakwah, serta pemberdayaan bagi umat. Ketiga fungsi ini dinilai sangat penting dalam membangun jiwa kedamaian di tengah-tengah kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia.

Selain itu ia menambahkan santri dan santriwati harus senantiasa memupuk semangat untuk berprestasi dan menjaga kerukunan beragama dari lingkungan terdekat.

Ditempat yang sama, Pimpinan/Mudir Ponpes Al Fatah Lahat, Drs KH Ramlan Fauzi MPdI menyambut hari santri nasional 2019 untuk mengajak para santri dan santriwati dalam menegakan NKRI. Karena dihari santri nasional tersebut para santri dituntut bisa menjaga perdamaian dunia.

"Alhamdulillah, Ponpes Al Fatah Lahat dipercaya sebagai pelaksanaan upacara dalam hari santri nasional. Dimana berindak sebagai inspektur upacara adalah Kankemenag Lahat," katanya, Rabu (23/10/2019).

Dirinya juga menambahkan, santri Ponpes Al Fatah Lahat selalu siap menjembatani estapet penerus ulama dalam memupuk dan menjaga kerukunan agama. (arl)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment