Juarsah Rapatkan Masalah Kegiatan Penanganan Covid-19

By Ariel 06 Apr 2020, 20:03:19 WIB Muara Enim
Juarsah Rapatkan Masalah Kegiatan Penanganan Covid-19

Keterangan Gambar : Plt Bupati Muara Enim saat memimpin rapat


MUARA ENIM,onlinekite.id - Dalam menyinkronkan upaya strategis pencegahan dan penanganan Covid-19 di Kabupaten Muara Enim, petang tadi (06/03) Plt. Bupati Muara Enim, H. Juarsah, S.H kembali mengumpulkan seluruh anggota tim gugus tugas tingkat kabupaten di ruang rapat Serasan Sekundang. Dalam pertemuan kali ini, masing-masing bidang melaporkan progres yang telah disiapkan maupun yang telah dilakukan.

Hal mendasar yang menjadi pembahasan yaitu mengenai relokasi anggaran. Masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD) yang terlibat dalam susunan gugus tugas, diarahkan untuk mengajukan rencana anggaran biaya (RAB) kegiatan dalam rangka percepatan penanganan wabah Covid-19 ini. RAB secepatnya diserahkan kepada Sekretaris Gugus Tugas, untuk selanjutnya melalui proses persetujuan oleh Ketua Gugus Tugas, dalam hal ini Bupati Muara Enim.

Plt. Bupati selaku ketua gugus tugas menyampaikan bahwa anggaran tersebut akan dikonsentrasikan pada pemenuhan tiga prioritas utama sesuai Instruksi Mendagri Nomor 1 Tahun 2020 tentang Pencegahan Penyebaran dan Percepatan Penanganan Covid-19 di Lingkungan Pemerintah Daerah. Oleh sebab itu Pemkab. Muara Enim melalui gugus tugas yang telah dibentuk saat ini akan refocusing anggaran pada prioritas penanganan masalah kesehatan, antisipasi dampak ekonomi dan pemenuhan Jaring Pengaman Sosial. Nantinya semua anggaran untuk penanganan Covid-19 tersebut diarahkan pada pos Belanja Tidak Terduga.

"Selain itu, khusus kepada sejumlah pekerja swasta yang terpaksa dirumahkan atau terkena pemutusan hubungan kerja (PHK), maka akan mendapatkan bantuan Kartu Prakerja dengan total bantuan dana sebesar Rp 3.550.000. Dengan demikian, para pekerja yang terdampak dan memenuhi syarat dapat segera menghubungi Pemkab. Muara Enim melalui Dinas Tenaga Kerja,"katanya.

Sementara itu, Sekda Muara Enim H. Hasanudin, M.Si mengingatkan agar proses belanja barang dan jasa dalam penanganan Covid-19 ini harus mengedepankan azas kehati-hatian dan transparan. Semua rencana anggaran ini nantinya melibatkan aparat pengawasan intern pemerintah (APIP) dan pendampingan hukum dari Kejari Muara Enim.

Adapun secara umum, seluruh bidang pada gugus tugas telah memantapkan langkah strategisnya dalam penanganan wabah ini. Hal tersebut mendapat apresiasi dari Wakil Ketua DPRD Muara Enim, Nino Andrian, S.E dan anggota Yusran Efendi. Turut hadir pula Dandim 0404, Kapolres, Kajari dan Ketua Pengadilan Negeri Muara Enim.(rif)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment