Kemarau, Warga Lahat Krisis Air Bersih

By Ariel 10 Sep 2019, 14:31:21 WIB Lahat
Kemarau, Warga Lahat Krisis Air Bersih

LAHAT, www.onlinekite.id - Kemarau panjang berdampak kesulitan air bersih bagi warga di Kabupaten Lahat.

Salah satu warga, Zainal (42) mengatakan, krisis air bersih sudah dialami sebagian warga di Kota Lahat sekitar sekitar 3 minggu terakhir.

"Ini kami krisis air sudah kurang lebih tiga mingguan. Bukan saya aja tapi 99 persen dari 300 KK yang ada di wilayah komplek perumagan kami juga mengalami kekeringan air," kata Zainal, Selasa (10/9/2019).

Menurut Zainal, semenjak mengalami kekeringan tersebut, para warga biasanya membeli air tedmon disejumlah pedagang air yang ada di Kota Lahat. Bahkan ada juga yang mandi ke Sungai Lematang Lahat.

"Air bersih kami beli dengan pedagang air tedmon, dimana satu tedmon berkisar Rp 50 ribu. Kalau hal ini terus menerus, mungkin jadi tekor. Apalagi hujan tak kunjung turun," ucap bapak dua orang anak ini.

Sementara itu, Bupati Lahat melalui Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lahar, Marjono SE MM membenarkan hal tersebut. Dimana katanya, Lahat sudah tiga minggu mengalami kekeringan serta berinbas dampak air bersih.

"Berdasarkan dari BMKG, tahun ini kemarau melanda wilayah Indonesia diperkirakan sangat panjang. Apalagi kami imbau agar masyarakat di Kabupaten Lahat terkait masalah kekeringan ini agar tidak membakar sampah dan rumput, takutnya terjadi kebakaran hutan," imbau Marjono. (arl)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment