Mantan Kekankemenag Lahat Jabat Sekwan DPRD Muratara

By Ariel 19 Mar 2019, 14:25:48 WIB MUSI RAWAS
Mantan Kekankemenag Lahat Jabat Sekwan DPRD Muratara

Keterangan Gambar : H Saidi SH


MUSI RAWAS, Online Kite -Pengalaman H Saidi HZ, SH, MM (56 Tahun) di bidang birokrasi tak usah diragukan lagi. Sebelum ditetapkan sebagai Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) definitif oleh Bupati Muratara, HM Syarif Hidayat pada 15 Maret 2019 lalu, ternyata ia pernah menjabat sebagai Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag). Empat kali malah. 

Pertama, suami Hj Eka Silvana Lastia, S.Pd MM ini pernah menjabat Kakankemenag Kota Lubuklinggau tahun 2010-2015. Lalu alumni IAIN Raden Fatah Palembang Fakultas Ushuludin Tahun 1990 ini, diamanahi menjabat Kakankemenag Lahat 2015-2017, dan terakhir sebelum misbar ke Kabupaten Muratara, Saidi yang menyelesaikan S1 Sarjana Hukum di Unihaz Bengkulu, dan dilanjutkan S2 di STIE Mura menjabat sebagai Kakankemenag Empat Lawang masa bakti 2017-2018.

Bapak tiga anak bernama M Alfian Zikri, SH, Amrina Rosada, dan Farras Fadiyah, usai dilantik dan diambil sumpah sebagai Sekwan definitif mengucapkan terima kasih pada Bupati telah mempercayakan dirinya menjabat sebagai sekwan.

“Alhamdulillah, yang jelas amanah akan saya pegang dan jalankan dengan sebaik mungkin. Artinya di sini, saya ingin hubungan antara eksekutif dan legislatif berjalan dengan baik, karena secarahiraki saya ini staf bupati dan diangkat bupati. Di sini segala pekerjaan tetap lakukan koordinasi dengan ketua DPRD juga, hingga kerja dan program serasi antara eksekutif dan legislatif, terus harmonis,” ungkap Saidi.

Pria yang menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) selama 7 bulan menjabarkan tugasnya. “Adapun pekerjaan di dewan itu sesuai dengan Tupoksi Sekwan menyelenggarakan bentuk administrasi, baik birokrasi surat menyurat atau keuangan. Jadi semua itu sangat tergantung dengan secretariat dalam hal birokrasi administrasi, dan disisi lain kadang ada kendala bagi saya di staf dewan, karena jabatan ini sesuatu yang baru. Karena basis dan rekam jejak saya sebelumnya berada di lembaga vertikal (Menjabat Kepala Kakankemenag, red) dan nampaknya 180 derajat beda. Saya nilai manajemen birokrasinya beda, hingga sangat dibutuhkan kerjasama yang baik,” ungkap Saidi.

Kendati sempat alami kendala saat baru bertugas di DPRD Muratara, tapi Saidi mengaku bisa cepat beradaptasi. Hingga bekerja dengan maksimal bersama staf, dan koordinasi dengan anggota DPRD Kabupaten Muratara. 

“Alhamdulillah 7 bulan menjabat Plt saya sudah bisa mengatasi masalah-masalah yang muncul. Saya beranggapan begini, kalau dulu mengurus beribu-ribu umat saya enjoy, dan kalau sekarang mengurus 25 anggota dewan terhormat, maka saya seperti itu juga. Ya, karena 25 dewan itu representasi masyarakat Muratara yang berjumlah 187.000 jiwa. Artinya kita harus mampu ciptakan hubungan yang harmonis dengan 25 dewan ini. Sehingga dengan demikian hubungan kita dengan masyarakat juga harmonis. Di sini saya menikmati benar bekerja dengan suasana yang kondusif,” papar Saidi. (Arf)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment