Walikota Pagaralam Resmikan Pembukaan Besemah Expo Ke - XVII dan Festival Besemah Ke XVI Tahun 2019

By Ariel 30 Jun 2019, 20:47:15 WIB advitorial

Berita Terkait

Berita Populer

Walikota Pagaralam Resmikan Pembukaan Besemah Expo Ke - XVII dan Festival Besemah Ke XVI Tahun 2019

PAGARALAM, onlinekite.id – Masyarakat Kota Pagaralam begitu antusias menyambut Besemah Expo-XVII dan Festival Besemah-XVI dalam rangka memperingati HUT Kota Pagaralam ke 18 Tahun 2019  yang digelar di Alun-Alun Utara Kota Pagaralam.

Opening ceremony Besemah Expo-XVII dan Festival Besemah-XVI yang  digelar dialun-alun Utara Kota Pagaralam, diikuti oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemerintah Kota Pagaralam,  Polres, instansi terkait dan LSM yang dibuka langsung oleh Walikota Pagaralam Alpian Maskoni SH dan wakil walikota Pagaralam, M Fadli SE didampingi Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru, Jumat (21/6/2019) pukul 13.30 Wib.

Dalam sambutan singkatnya, Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru mengapresiasi kinerja pemerintah dan masyarakat Kota Pagaralam yang begitu gigih membangun dan mengembangkan potensi yang dimiliki Bumi Seghepat Segendi, utamanya sektor pertanian dan pariwisata.

Khusus disektor pariwisata, Gubernur tidak memungkiri bahwa Pagaralam merupakan destinasi dan daerah tujuan wisata (DTW) utama Provinsi Sumatera Selatan.  Untuk itu, potensi sektor ini harus terus dikembangkan sebagai aset untuk menambah pendapatan asli daerah (PAD), yang juga merupakan penggerak ekonomi masyarakat.

"Kota Pagaralam itu komplit, memiliki alam yang indah, tanah yang subur. Tinggal bagaimana kita mengelolahnya. Tak dipungkiri dibawah kepemimpinan yang handal dan kearifan serta kreativitas masyarakatnya, maka kedepan Pagaralam akan semakin maju," ucap Gubernur.

Sementara itu Wali Kota Pagaralam, Alpian Maskoni mengatakan, Besemah Expo dan Festival Besemah ini digelar sebagai ajang menampilkan kreativitas dan inovasi, serta sebagai cerminan kemajuan pencapaian pembangunan Pagaralam hingga berumur 18 tahun sejak ditetapkan menjadi Kota pada tanggal 21 Juni 2001 lalu.

Kegiatan tahunan yang sudah merupakan tradisi setiap HUT Kota Pagaralam ini, memang sangat diminati warga masyarakat yang haus akan hiburan.  Selain menampilkan berbagai hasil kreativitas sejumlah masyarakat, baik berupa makanan dan kerajinan lainnya.  Diajang ini juga dihadirkan bazar, wahana permainan anak,  kesenian daerah dan juga menampilkan artis ibukota.

"Saya berharap melalui ajang ini, selain akan mendongkrak perekonomian masyarakat, juga semakin banyak kreativitas dan inovasi yang tercipta, yang akan membawa keuntungan bagi kita semua. Semoga masyarakat Kota Pagaralam dapat menikmati semua yang ada di Besemah Expo-XVII dan Festival Besemah-XVI, jaga keamanan dan ketertiban untuk kenyamanan bersama," tegas Alpian.

Masih menurutnya, pada momen HUT Kota Pagaralam ke 18 ini tema yang dimunculkan adalah KOPI.  Sebagai komoditi andalan yang sebagian besar penduduknya adalah petani kopi, maka tidak salah jika eksistensi kopi Pagaralam harus terus di gadangkan agar gaungnya lebih mendunia, yang pada akhirnya akan meningkatkan taraf hidup petani dan pebisnis kopi di Kota Pagaralam.  

Hal ini dimulai dari tingkat petani dengan cara menerapkan tehnik penanaman yang tepat, dimana pihak Pemerintah Kota sedang menyiapkan ribuan stek kopi.  Selain itu metode pengelolaan, baik pra panen maupun pasca panen juga akan menjadi perhatian pemerintah.

"Tidak salah, jika kita menjadikan kopi sebagai isu utama kita di HUT Pagaralam ke 18 ini, karena kopi adalah andalan masyarakat kita. Untuk itu, kedepan kopi Pagaralam kita harapkan  memiliki nilai jual tinggi dan mempunyai daya saing yang kompetitif, baik ditingkat Nasional maupun internasional, tentunya dengan kerja keras, kerja cerdas untuk mewujudkan itu semua," ajak Walikota.

Dijadikannya isu kopi sebagai isu utama pada peringatan HUT Kota Pagaralam ke 18 tahun 2019, bukan sekedar isapan jempol belaka.  Hal tersebut dibuktikan dengan stand-stand baik OPD, Instansi terkait, Polres dan yang lainnya, semua memamerkan produk yang berkaitan dengan kopi, tentunya dengan tidak mengesampingkan produk unggulan lainnya. (ADV)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment